SEJARAH Biro Adminiatrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)  sebagai unsur pelaksana di Universitas Lampung keberadaannya tidak dapat dipisahkan sehingga perkembangannya mengikuti perkembangan Universitas Lampung.  Sebelum bernama BAAK masing-masing yang menangani tugas bidang akademik dan kemahasiswaan dikelola oleh Biro Akademik dan Biro Kemahasiswaan.  Berdasarkan peraturan pemerintah No 30 tahun 1990 organisasi universitas diatur sesuai dengan jumlah mahasiswa sehingga dikenal universitas dengan pola dua, tiga, empat dan lima biro.  Universitas Lampung sebagai universitas dengan pola dua biro yaitu Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI); dan Biro Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK).  BAAKPSI sesuai dengan besarnya beban dan tanggung jawab yang diemban kemudian dikembangan menjadi dua biro yaitu Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan Biri Administrasi Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama (BAPSIK), berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 63 tahun 2008. Organisasi Biro Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) bertugas memberikan layanan administrasi dibidang akademik dan kemahasiswaan di lingkungan Unila.  Dalam melaksanakan tugas tersebut BAK memiliki fungsi melaksanakan administrasi pendidikan dan administrasi kemahasiswaan.  Untuk melaksanakan tugas dan fungsi tersebut BAK terdiri dari dua bagian yaitu Bagian Akademik dan Bagian Kemahasiswaan dimana masing masing bagian terdiri dari beberapa sub bagian.  Bagian akademik terdiri atas sub bagian pendidikan dan evaluasi, sub bagian registrasi dan statistik dan sub bagian sarana pendidikan, sedangkan Bagian Kemahasiswaan terdiri atas sub bagian Minat, Bakat dan Penalaran Mahasiswa dan sub bagian Kesejahteraan Mahasiswa. Masing-masing Biro, Bagian dan Subbagian dipimpin oleh seorang kepala. Produk dan layanan Akademik meliputi: –          Sistem Informasi Akademik –          Registrasi –          Wisuda –          Evaluasi Dosen –          Akreditasi Program Studi dan Institusi Kemahasiswaan meliputi: –           Administrasi Minat Bakat Penalaran –          Beasiswa –          Asuransi –          Prestasi Mahasiswa –          Alumni VISI : “TERWUJUDNYA LAYANAN TERBAIK BIDANG ADMINISTRASI AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN MENUJU TERCAPAINYA VISI UNILA”. MISI:

  1. Meningkatkan layanan informasi berbasis IT
  2. Meningkatkan kecepatan layanan dan akurasi data berbasis IT
  3. Meningkatkan kwalitas pelayanan yang profesional
Strategidan Program Misi – 1 :  
  1. Membangun dan Mengembangkan system informasi secara berkelanjutan
  2. Menambah SDM yang memiliki komfetensi IT
  3. Mengalokasi dana untuk meningkatkan layanan informasi
Strategi dan Program Misi-2 :  
  1. Meningkatkan keterampilan SDM
  2. Meningkatkan inofasi dan kreatifitas SDM
  3. Menghimpun dan mengupdate data
Strategi dan Program Misi-3 :  
  1. Meningkatkan motifasi dan profesionalisme dalam bekerja
  2. Meningkatkan loyalitas
Tujuan Strategi Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unila disusun berdasarkan visi dan misi serta tantangan di masa depan dalam mendukung visi Unila.]]>